Selamat Datang Di Blog saya

Welcome to My Blog

Monday, October 8, 2018

Hoax dan Dampak Oposisi

Assalamu'alaykum

Beberapa hari yang lalu, Indonesia dikejutkan dengan kasus hoax yang dilakukan oleh RS. Padahal, beliau adalah ikon kritikus terhadap pemerintahan sekarang ini. Berawal dari sebuah foto yang beredar di media, muncullah berbagai opini yang terbagi antara yang benar dan salah. Hal ini sebenarnya bisa menjadi senjata mematikan untuk akhirnya menilai kebijakan yang diambil pemerintah. Tapi, di sisi lain bisa menjadi racun yang mematikan dan menyakitkan.

Tapi, bagi saya pribadi ada yang mengganjal. Dengan secepat kilat, RS ditangkap di bandara Soekarno Hatta Jakarta saat beliau ingin berangkat ke Chile. Bahkan bukti berupa alat elektronik dan berbagai dokumen penting seperti tabungan dan sebagainya dapat dimiliki dengan secepat kilat, beberapa hari setelah RS melakukan konferensi pers dengan agenda pengakuan yang pahit berujung penyebaran kabar hoax yang dilakukan olehnya.

Hal ini mungkin saja didapat dari kejadian saat RS berada di Danau Toba terkait jatuhnya kapal Sinar Bangun akibat dari over capacity penumpang. Di situlah hp beliau hilang dicuri. Kebetulan informasi ini saya dapat di IG.

Hoax memang menyakitkan. Tapi, apa jadinya jika dilakukan oleh seseorang yang mengagungkan kebenaran secara nyata yang menyebarkan hoax tersebut ? Tentu menjadi dampak terbesar bagi oposisi karena rentan menghancurkan elektabilitas dan menggunggulkan calon petahana yang rendah prestasi dan penuh keji dan otoriter kebijakannya.

Tapi, semua itu berubah begitu cepat. Seketika RS digantikan oleh seorang dokter muda berprestasi, sebut saja dokter GA. Milenial menjadi keunggulan besar buat oposisi kedepannya.

Jangan salah langkah dan buru-buru dalam menguak kebenaran. Memang, harus diganti secepatnya mengingat kerugian yang tidak sedikit dan dampak buruk buat negara. Tapi, perlu kesabaran dan strategi bagus untuk akhirnya mampu membangun mobilisasi pendukung yang kuat untuk menjatuhkan angkuhnya seorang penguasa.

#SekedarBerbagi

No comments:

Post a Comment